Sejarah Stasiun Kereta Api Balung; Dari Stasiun Menjadi Pasar Sepeda


EKS STASIUN BALUNG Tempat Persatuan Dagang Sepeda MotorJalur LumajangRambipuji YouTube

Stasiun Balung (BUG) adalah stasiun kereta api nonaktif yang terletak di Balung Lor, Balung, Jember. Stasiun yang terletak pada ketinggian +23 meter ini term.


[THE LOST RAILWAY OF JEMBER] Eks Stasiun Rawatamtu, Jalur KA NonAktif RambipujiBalung YouTube

Dalam video kali ini, saya menjelajahi bekas jalur kereta api yang menghubungkan antara stasiun Rambipuji - Balung, Balung - Puger dan Balung - Lumajang.Stas.


Gambar Arsitektur, struktur, Kereta api, jalan kereta api, perspektif, bangunan, Perkotaan

Stasiun Balong (BLO), lebih dikenal sebagai Halte Balong, adalah perhentian kereta api nonaktif yang terletak di Balong, Balong, Ponorogo, termasuk dalam Wilayah Aset VII Madiun pada ketinggian +103 meter. Halte ini dibuka pada 1 November 1907 bersama dengan peresmian jalur kereta api Ponorogo-Balong sejauh 17 kilometer. Berdasarkan sejarah.


Jejak Sejarah Kereta Api Mini Dan Kereta Api Besar Di Stasiun Balung. YouTube

Pada masa jayanya, Stasiun Balung mampu mengangkut dan mengantarkan ratusan ribu penumpang setiap tahunnya. Stasiun Balung diresmikan pada 3 Mei 1913 dan menjadi penghubung antara Stasiun Rambipuji-Balung dan Puger-Ambulu. Dalam catatan yang dibuat oleh Lekkerkerker pada 1938, awalnya jalur kereta api ke Stasiun Balung menggunakan lebar kereta.


[THE LOST RAILWAY OF JEMBER] Eks Jalur Kereta Api dari Stasiun Rambipuji ke Balung (Part 2

Jejak Sejarah Kereta Api Mini Dan Kereta Api Besar Di Stasiun Balung.Dari Stasiun Balung Bisa ke Ambulu Dengan kereta api kecil..Dan ke Rambipuji serta ke st.


[THE LOST RAILWAY OF JEMBER] Eks Stasiun Balung, Sekarang Jadi Pasar Sepeda YouTube

Stasiun Balung (BUG) adalah stasiun kereta api nonaktif yang terletak di Balung Lor, Balung, Jember.Stasiun yang terletak pada ketinggian +23 meter ini termasuk dalam Wilayah Aset IX Jember.. Dalam catatan yang dibuat oleh Lekkerkerker (1938), jalur tempat stasiun ini berada dahulu dibuka untuk pelayanan umum pada tanggal 3 Mei 1913 untuk segmen Rambipuji-Balung dan dilanjut menuju Puger.


Menelusuri Stasiun Mati di Balung Jember [ Stasiun Balung ] YouTube

Jalur dan stasiun-stasiunnya sendiri dibuka pada tanggal 3 Mei 1913 untuk segmen Rambipuji-Balung dan dilanjut menuju Puger. Selanjutnya, jalur kemudian dibuka pula untuk segmen Lumajang- Kencong pada tanggal 25 Agustus 1927 dan kemudian ke arah Balung pada tanggal 1 November 1928. Setahun berikutnya jalur ini diputuskan untuk diganti.


Sejarah Stasiun Kereta Api Balung; Dari Stasiun Menjadi Pasar Sepeda

Jalur dan stasiun-stasiunnya sendiri dibuka untuk pelayanan umum pada tanggal 3 Mei 1913 untuk segmen Rambipuji-Balung dan dilanjut menuju Puger beserta cabangnya menuju Ambulu. Karena volume angkutan yang semakin banyak, SS memutuskan untuk mengubah sepurnya menjadi 1.067 mm pada tanggal 1 November 1929 dan lintas menuju Puger pun dicabut.


Sejarah Stasiun Kereta Api Balung; Dari Stasiun Menjadi Pasar Sepeda

Jalur dari Balung menuju Ambulu dan Puger masih dipertahankan pengoperasiannya (disambungkan dari Stasiun Balung tram ke Stasiun Balung), namun kemudian dinonaktifkan pada Tahun 1945 (kemungkinan besar oleh Pemerintah Jepang). Terkait dengan jalur tram dari Balung ke Ambulu, terdapat informasi lain yang menyebutkan bahwa jalur tersebut baru.


Kompleks Stasiun Kereta Api Balung Fotografer belum diket… Flickr

Stasiun Balung merupakan salah satu stasiun yang ada di Kabupaten Jember, stasiun mulai buka dan beroperasi untuk angkutan umum sejak tanggal 3 Mei 1913 silam. Pada kala itu, stasiun ini beroperasi untuk segmen Stasiun Rambipuji-Balung dan dilanjutkan lagi menuju Puger.


Gerak Laju Sejarah Stasiun Balung HMP KELAMAS Himpunan Mahasiswa Program Studi Keluarga

Stasiun Balung didirikan pada 3 Mei 1913 oleh Staatspoorwegen (perusahaan Kereta Api milik Hindia Belanda). Stasiun ini beroperasi dari Lumajang-Rambipuji yang merupakan wilayah Daop 9 Jember (wilayah Daerah Operasi 9 Jember). Kereta yang digunakan oleh Stasiun Balung merupakan kereta api berjenis uap dengan bahan bakar yaitu arang stengkol dan kayu bakar.


[THE LOST RAILWAY OF JEMBER] Eks Jalur Kereta Api dari Stasiun Rambipuji ke Balung (Part 1

Stasiun Balung ini pernah menjadi titik bertemunya pedagang hasil bumi dan penumpang trem uap yang datang dari Ambulu maupun Puger untuk meneruskan perjalanannya ke Rambipuji. Saat jalur trem untuk kawasan Jember selatan ini masih beroperasi stasiun Balung menjadi perlintasan memecah jalur trem menuju Ambulu dan Puger.


Rekam Jejak Eks Stasiun Balung Warisan Masa Kolonial Radar Jember

Stasiun ini dibangun pada ketinggian 23 MDPL, dan menjadi penghubung antara Stasiun Rambipuji-Balung dan Puger-Ambulu. Stasiun Balung terletak di Desa Balung Lor, Kecamatan Balung, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Setelah puluhan tahun berhenti beroperasi, kini bangunan stasiun ini terbengkalai dengan catnya yang tampak kusam tak terawat.


REKAM JEJAK EKS STASIUN BALUNG STASIUN MATI ZAMAN KOLONIALISME BELANDA YouTube

Diketahui, stasiun kereta api ini berdiri pada tahun 1913 dan bernama Stasiun Balung di Kabupaten Jember. Dulunya, Stasiun Balung merupakan jalur sibuk di Jember yang setiap hari selalu ramai. Baca Juga: Megah pada Masanya, Hotel di Jatim Ini Kini Tersisa Reruntuhan, Ada Patung dan Gerbang yang Berdiri Kokoh. Puncaknya pada tahun 1950, saat itu.


Stasiun Warisan Kolonial Belanda di Jember, Yang Kini Beralih Fungsi Dijadikan Tempat JualBeli

Stasiun Balung dulunya adalah salah satu stasiun besar di jalur Rambipuji-Balung-Lumajang yang ditutup sekitar tahun 1980-an karena sepinya penumpang dan pra.


Jejak Historis Bangunan Peninggalan Era Kolonial KA NonAktif Stasiun Balung YouTube

Jalur dan stasiun-stasiunnya sendiri dibuka untuk pelayanan umum pada tanggal 3 Mei 1913 untuk segmen Rambipuji-Balung dan dilanjut menuju Puger beserta cabangnya menuju Ambulu. Karena volume angkutan yang semakin banyak, SS memutuskan untuk mengubah sepurnya menjadi 1.067 mm pada tanggal 1 November 1929 dan lintas menuju Puger pun dicabut.

Scroll to Top